Pages

Jumat, 04 Maret 2011

Bersahabat dengan 5 Surat yang ada dalam Al – Quran

Bismillahirrahmanirrahim,,,
Tinggal di Ma’had mempunyai sense dan taste tersendiri. Suasana, lingkungan, dan orang – orang yang berada di dalamnya berbeda dengan keadaan yang ada di luar sana. Lima kali dalam sehari aku selalu mengakrabkan diri dengan kitab abadi yang orang muslim di seluruh dunia mengenalnya dengan sebutan “Al – Quran Al -  Karim “. Pondok Pesantren Yanaaabi’ul Ulum war rahmah Banat Kudus adalah ma’had saya yang terletak di kota kecil yang terkenal dengan sebutan “ kota Santri “  yaitu di kota Kudus. Memang sudah menjadi kewajiban para santri di ma’had saya untuk menghafal 5 surat yang ada dalam Al – Quran setelah kita menginjak kelas 2 Madrasah Aliyah Keagamaan dan menjadi rutinitas kita untuk membacanya setiap sehabis shalat fardhu. Setelah shalat Maghrib membaca Surat Yaasin, setelah shalat isya’ membaca surat Al-Mulk, setelah shalat shubuh membaca surat Al – waqi’ah, setelah shalat dhuhur membaca surat Ad – dhukhon, dan di waktu yang terakhir yaitu setelah shalat ashar kita membaca surat Ar –Rahman. Rutinitas seperti itu alhamdulillah sudah saya amalkan selama kurang lebih 4 tahun. Selama 3 tahun di ma’had saya membacanya bersama para santri yang lain dari kelas 1 Madrasah Aliyah sampai lulus Madrasah Aliyah dan selebihnya alhamdulillah masih saya amalkan sampai sekarang meskipun tidak serutin dan sehafal waktu dulu waktu masih tinggal di ma’had saya di Kudus. Banyak sekali manfaat dan hikmah yang sudah saya dapatkan setelah mengamalkan amalan ini, salah satunya yaitu bacaan Al – Qur’an saya alhamdulillah lebih lancar dan sesuai dengan tajwid yang sudah di ajarkan oleh asatidz – asatidzat saya dan saya juga merasa selalu dekat dengan Al –Quran seakan – akan Al –Quran sudah menjadi sahabat saya yang selalu menemani saya dalam keadaan apapun, baik itu sedih ataupun senang. Cerita yang sangat mengesankan dengan 5 surat ini adalah ketika proses menghafalnya, kita memiliki cara – cara tersendiri untuk menghafalkannya cara saya yaitu ; saya selalu menghafal di sekolah jika ada jam kosong di kelas, ketika mengantri mandi sambil menghafal, kadang juga saat ngaji kitab mencuri – curi waktu untuk menghafal, karna ustadzah saya waktu itu adalah terkenal sangat tegas sekali terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan Al – Quran, beliau adalah lulusan dari PONPES Yanbu’ul Quran yang juga bertempat di Kudus yang begitu kental ajarannya tentang Al – Quran. Tapi justru dengan ketegasan beliau kita menjadi termotifasi untuk menghafal dengan sungguh – sungguh dengan bacaan yang sesuai tajwid yang baik dan benar. Ada rasa tersendiri bagi saya setelah saya hafal dan mengamalkan 5 Surat ini, ketika membacanya hati saya terasa ringan, ketika mendengarnya saya seperti menjumpai sahabat – sahabat saya yang mengajak saya untuk selalu menyebut nama – nama mereka, begitu nyaman di hati dan ringan di dada setelah membacanya. Subhanallah, begitu beruntungnya saya bisa bersahabat dangan mereka ; Surat Yaasin, Surat Al – Mulk, Surat Al – Waqi’ah, Surat Ad – Dukhon, dan Surat Ar – Rahman telah mengisi hari – hari saya dan mereka selalu membuat hati saya tenang setelah saya membacanya. Di dalam lubuk hati saya yang paling dalam saya sangat ingin bukan hanya menjadi sahabat 5 Surat ini tetapi saya mempunyai mimpi untuk bisa bersahabat dengan semua surat yang ada di dalam Al – Quran. Semoga mimpi saya terwujud, Amin ya rabbal ‘alamin.
Cerita di atas adalah Diary Al – Qur’an saya yang memiliki sense dan feel yang hanya bisa dirasakan oleh saya, dan seluruh santri yang tinggal di lingkungan ma’had. Semoga bermanfaat, Amiin. Shodaqallahul ‘Adhim Wa Shadaqa Rasuuluhul Karim.

7 komentar:

Unknown mengatakan...

Syukron^^

Unknown mengatakan...

Syukron^^

Masmix01 mengatakan...

Trimakasih banyak semoga aku bisa menjalankannya minta ijin untuk mengamalkannya

Unknown mengatakan...

Terimakasih banyak ukhti, semoga istiqomah yaa aamiin
Doakan sy jg yah ukhti supaya bisa mencapai target tersebut, target sy jg satu yaitu surah Al Kahfi setiap malam jumat dan hari jumat
Syukron, jazakillah khairan :D

deaawaliyah.blogspot.com mengatakan...

hay ,,,::))))

Unknown mengatakan...

Syukron jazakumulloh khoiron, Insyaa Allah saya akan jadikan amalan rutin saya setiap hari semoga istiqomah Aamiin 🤲🙏🙏

Unknown mengatakan...

Syukron ya umi, doakan saya yg sedang berusaha bersahabat dgn surat2 tersebut semoga istiqomah, aamiin,,,

Posting Komentar